Salat Tarawih 8 Rakaat atau 20 Rakaat

Makassar, muisulsel.or.id – Assalamu Alaikum wr. wb. Saya ingin menanyakan perihal shalat tarawih 8 rakaat dan 20 rakaat. Yang mana lebih afdal 8 atau 20?

Warga 0813 4234 XXXX

JAWABAN

Ada perbedaan pandangan ulama tentang tarawih, ada yang berpendapat bahwa tarawih yang panjang berdirinya sekalipun rakaatnya kurang lebih afdhol daripada yang singkat waktunya. Ada juga yang berpandangan bahwa tarawih yang rakaatnya banyak lebih afdhol daripada yang sedikit rakaatnya.

Shalat tarwih 8 atau 20 rakaat adalah dua duanya amalan dalam mengisi malam ramadhan dengan sebagai qiyamullail selain salat tahajud, salat taubat dan lain-lain. Ada dua rukun yang dikerjakan Rasulullah yang harus dicontoh umat, pertama adalah 11 rakaat dengan witir, waktu yang digunakan lebih dari separuh malam hadisnya adalah :

مَا كَانَ رسول الله صلى الله عليه وسلم يَزيدُ- في رَمَضَانَ وَلا في غَيْرِهِ- عَلَى إحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً: يُصَلِّي أرْبَعًا فَلا تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أرْبَعًا فَلا تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاثًا. فَقُلتُ: يَا رسولَ اللهِ، أتَنَامُ قَبْلَ أنْ تُوتِرَ؟ فَقال: ((يَا عَائِشَة، إنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلا يَنَامُ قَلْبِي)). متفقٌ عَلَيْهِ

Beliau tidak menambah di Bulan Ramadhan maupun di luar Bulan Ramadhan dari 11 rakaat. Beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang keindahan dan panjangnya. Kemudian beliau shalat empat rakaat, maka janganlah engkau bertanya tentang keindahan dan panjangnya. Kemudian beliau shalat tiga rakaat.” (HR Bukhari nomor 1147 dan Muslim: 738).

Nabi senang kerjakan shalat dengan harapan mendapatkan predikat hamba syakurdengan ibadah malam yang panjang.

وعن عائشة رضي الله عنها قالت: كَانَ النبيُّ صلى الله عليه وسلم يَقومُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفطَّرَ قَدَمَاهُ، فَقُلْتُ لَهُ: لِمَ تَصْنَعُ هَذَا، يَا رَسُولَ الله، وَقَدْ غُفِرَ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأخَّرَ؟ قَالَ: ((أفَلا أكُونُ عَبْدًا شَكُورًا))!. متفقٌ عَلَيْهِ.

“Sesungguhnya Nabi SAW mengerjakan qiyamul lail sampai kedua kaki beliau pecah-pecah, maka saya bertanya, ‘Mengapa engkau melakukan ini, wahai Rasulullah, padahal Alloh SWT telah mengampuni dosa-dosamu yang telah berlalu dan yang akan datang?’ Beliau pun menjawab, ‘Tidak (bolehkah) saya suka untuk menjadi hamba yang bersyukur?”
[ Diriwayatkan oleh Al-Bukhâry no. 4837 dan Muslim no. 2820.]

Shalat tarwih dilakukan shahabat sama seperti yang dikerjakan Rasulullah saw berlangsung hingga nabi wafat dan hingga pemerintahan Abubakar as, Lalu di masa Umar bin Khattab ra, Umar memandang waktu malam yang mulia itu mulai banyak terlewatkan kalau hanya 8 rakaat disebabkan karena banyak hal, maka harus ditutupi dan dijalani dengan banyak rakaat salat. Karena itu, Umar perintahkan Ubai bin Kaab ra memimpin shalat tarwih 23 rakaat di Masjid Nabawi, dan menjadi Ijma para shahabat dan tabiin, bahkan ada yang tambah dari kalangan shahabat lebih dari 20 rakaat dan menjadi mazhab sahabat karena tidak dibantah sehingga juga jadi hujjah atau dalil hukum. Pada zaman Umar bin Abdul Aziz ada tabiin yang kerjakan hingga 36 rakaat. Semua itu boleh karena perintah qiyamul lail itu mutlaq (sifatnya tak dibatasi).

قَالَ الله تَعَالَى: {وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا} [الإسراء: 79].

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Pendapat Umar bin Khattab jadi sunnah karena diikat Hadis Nabi “Alaikum bisunnatiy wasunnati khulafaurasyidin”, hendaklah kalian pegang teguh sunnah khulafau rasyidin yang mendapat petunjuk Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.