News

Bakomubin Sulsel Sambangi MUI

Makassar, muisulsel.com – Badan Koordinasi Mubalig Indonesia (BAKOMUBIN) wilayah Sulawesi Selatan melakukan silaturahmi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel. Kedatangan pengurus wilayah Bakomubin ini disambut langsung oleh Ketua Umum MUI Sulsel Gurutta Prof Dr KH Najmuddin, Lc MA di Kantor Sekretariat MUI Sulsel Jl. Masjid Raya Makassar (16/01/2023).

Disaksikan oleh Sekretaris Umum MUI Sulsel yang turut hadir dalam silaturahmi tersebut, Ust Muammar Bakry mengawali mukadimahnya mengatakan bahwa di MUI Sulsel ini terdapat beberapa bidang dan fatwa yang beranggotakan 12 hingga 15 orang pengurus.

Di samping itu, di MUI juga ini terdapat beberapa lembaga atau badan otonom diantaranya adalah Komite Dakwah Khusus (KDK) MUI Sulsel, Klinik Bisnis, dan Tim Media Mujahid Digital dan masih ada lagi beberapa lembaga-lembaga otonomi lainnya, kata Ust Muammar Bakry.

Sementara itu, Sekretaris Wilayah Bakomubin Hadi Daeng Mapuna saat berkunjung ke MUI mengatakan bahwa Salah satu tujuan dari didirikannya Bakomubin ini adalah sebagai sebuah lembaga dakwah yang ingin secara berjamaah melaksanakan dakwah agar lebih mencerahkan umat dan mencegah munculnya aliran-aliran yang justru bisa menyesatkan masyarakat, ungkap Hadi.

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh ketua MUI Sulsel bahwa ini adalah suatu problem umat yang besar kita hadapi dan apakah ini metode dakwah yang tidak pas sebab orang-orang yang didakwahi ini adalah orang-orang yang sudah sadar diri, sementara orang-orang yang tidak ke masjid itu belum tersentuh oleh dakwah.

Kemudian metode dakwah yang perlu dievaluasi Apakah sudah nyambung atau belum, ditambah lagi materi-materi dakwah yang yang rasional sementara masyarakat kemungkinan membutuhkan materi dakwah yang irrasional, contoh seperti materi tasawuf atau Keindahan Islam itu dari segi non material yang belum tersentuh sehingga masyarakat akan mudah mengikuti aliran-aliran yang baru ini. Yang semestinya haruslah berimbang antara ilmu tasawufnya dengan ilmu fiqihnya, tandas Sekretaris Bakomubin Wilayah Sulsel ini.

Ust Muammar Bakry pun memberikan apresiasinya kepada para pengurus wilayah Bakomubin ini, oleh sebab telah menunjukkan proaktifnya dalam menyapa MUI sebagai payung besar umat Islam di Indonesia.

Ketua Umum MUI Sulsel mengawali sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas pengukuhan yang akan dilaksanakan beberapa saat lagi serta senantiasa merawat silaturahmi antar sesama lembaga, sehingga keberkahan akan didapatkan melalui silaturahmi.

“Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan pada dasarnya sangat berterima kasih atas kunjungan silaturahmi yang dilakukan oleh pengurus wilayah Bakomubin, diharapkan Semoga dengan namanya maka tentu Salah satu tujuan utamanya adalah bidang dakwah, apalagi salah satu kewajiban kita sebagai umat Islam itu adalah berdakwah walaupun dakwah ini masih kurang tepat sasaran ditambah lagi banyaknya bermunculan aliran-aliran yang membuat masyarakat semakin kebingungan” tutur Gurutta Najmuddin.

Silaturahmi Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Wilayah Abu Bakar Wasahya, bersama Bendahara Bakomubin Sulaiman Gosalam dan beberapa anggota pengurus. Hadir pula mendampingi Ketua Umum MUI Sulsel yakni Bendahara Umum Ir. Andi Thaswin Abdullah yang juga memberikan sepatah kata, juga hadir Wakil Sekretaris MUI Syamsuddin Moes.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.