Islam Moderat dan Bimtek Kepenulisan Kemenag Makassar

Makassar, muisulsel.com – Anggota Komisi Hubungan Antarumat Beragama MUI Sulsel, H Muhammad Tonang SAg MAg, menaruh harapan aparatur sipil negara lingkup Kemenag turut menggelorakan Islam moderat atau Islam wasathiyah melalui tulisan dan pemberitaan.

Tonang yang saat ini menjabat Plt Kepala Kemenag Kota Makassar mengungkapkan harapannya seusai bimbingan teknis Kehumasan pegawai Kemenag Makassar, Selasa (14/6/22). Bimtek di Aula Kantor Kemenag Makassar, Jl Rappocini, Makassar.

“ASN Kemenag perlu produktif menulis, di samping menulis terkait tupoksinya secara profesional, juga menyuarakan giat-giat Islam moderat lewat tulisan berita,” kata Tonang.

Tonang menyebut bahwa Islam bukan agama yang mengusung kekerasan, tidak cepat-cepat mengafirkan dan sebagainya. Islam sangat menekankan ilmu, jangan sampai tidak paham lalu memusuhi.

“Konsep Islam moderat itu Rahmatan lil ‘alamin, selaras dengan ajaran Islam yang diwariskan Nabi Muhammad SAW, Kemenag harus suarakan itu,” ujar Tonang.

Anggota Komisi Komunikasi Informasi dan Pemeliharaan Dokumentasi MUI Sulsel, Ahmad Sudirman Kambie atau AS Kambie, hadir sebagai pemateri Bimtek ini.

Bimbingan teknis Kehumasan Kemenag Makassar, di Aula Kantor Kemenag Makassar, Jl Rappocini, Makassar, Selasa (14/6/22)

AS Kambie yang juga wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur berkolaborasi Ilham Mangenre dari media MUI Sulsel. Keduanya membawakan materi tentang kepenulisan berita dan perkembangan dunia digital.

Puluhan ASN dari lingkup Kemenag Makassar hadir sebagai peserta Bimtek.

Tonang menambahkan, “Saat ini Kemenag tengah mensosialisasikan program peningkatan moderasi beragama, dengan prinsip-prinsip washatiyah, tawazun, tasamuh dan ta’adul.”

AS Kambie pemateri bimbingan teknis Kehumasan pegawai Kemenag Makassar, di Aula Kantor Kemenag Makassar, Jl Rappocini, Makassar, Selasa (14/6/22)

AS Kambie menyebut isu yang digarap Kemenag Makassar menarik dan perlu ditindaklanjuti.

“Peserta jangan hanya dilatih hari ini. Tetap kita layani peserta yang ingin belajar secara virtual,” ujar AS Kambie. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.