Ketua MUI Sulsel: Ilmuan dan Ulama Harus Bersinergi Persoalan Fatwa Halal dan Haram

Makassar, muisulsel.com – Ketua Umum MUI Sulsel Prof. Dr. K. H. Najamuddin Abd. Safa, Lc., MA berharap masalah pengurusan sertifikasi halal perlu dipermudah jika sudah lengkap berkasnya. Hal tersebut diungkapkan saat menerima kunjungan pengurus Lembaga Penjaminan Halal (LPH) Unhas di kantor MUI Sulsel, Rabu (31/8/2022).

K. H. Najamuddin juga menyampaikan agar kedepannya antara ilmuan dan ulama harus sering bersinergi untuk membahas persoalan fatwa halal dan haram.

“Saya menginginkan ada diskusi berkelanjutan dengan pakar kedokteran untuk membahas masalah agama dengan sudut pandang ilmiah,” ucapnya.

Lanjutnya, MUI Sulsel siap melakukan bekerjasama dengan LPH Unhas. “Label halal bukan hanya tanggung jawab dunia saja tapi juga di akhirat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Sulsel Dr. K. H. Syamsul Bahri Abd. Hamid, Lc., MA yang mendampingi Ketua MUI juga mengungkapkan agar MUI dilibatkan untuk mendampingi LPH saat melakukan pemeriksaan di lapangan, seperti pemeriksaan rumah pemotongan hewan. “Masih banyak rumah pemotongan hewan yang belum sesuai dengan syariat Islam,” tegasnya.

Ketua LPH Unhas Prof. dr. Veny Hajju menyambut dengan mengungkapkan bahwa LPH tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari ulama MUI Sulsel.

“Tugas LPH hanya melakukan periksaan berdasarkan aspek ilmiahnya sehingga kami membutuhkan MUI Sulsel sebagai penjelas aspek Islamnya, ” urainya.

Tambahnya, dalam waktu dekat LPH akan melakukan penandatangan atau MOU dengan MUI Sulsel untuk lebih memperkuat kerjasama, terutama dengan Komisi fatwa MUI Sulsel.

Ia juga menyambut baik rencana Ketum MUI Sulsel yang mengajak LPH untuk programkan kajian Islam dengan sudut pandang ilmiah.

Turut hadir Dr. K. H. Muammar Bakry, Lc., MA (Sekum MUI Sulsel), Dr. K. H. Syamsul Abd. Hamid, Lc., MA (Sekertaris Komisi Fatwa), Dr. K. H. Ruslan Wahan, MA (Ketua Bidang Fatwa), Ernawati (LPPOM MUI Sulsel) dan Ahmad Juwaeri (LPPOM MUI Sulsel).

Adapun pengurus LPH Unhas yang mendampingi Ketua LPH Unhas diantaranya Dr. Ir. Naharia, S.Pt, MP.IPM (sekertaris), Mahdaliah, S.Si., M.Si (Bidang Mutu), Nur Atikah Handayani, S.Pt (Admin), Syamsuddin, S.Pt., M.Si dan Nur Cholis Agung Admaja, S.Pt (Bidang Teknis). (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.