News

Tiga Pengurus MUI Sulsel Dilantik Jadi Pimpinan Baznas Sulsel

FOKUS, muisulsel.com — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ST melantik lima pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Selatan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel Gedung A lt.2, Jumat (1/4/2022).

Lelantikan tersebut turut pula dihadiri Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani dan sejumlah pimpinan OPD dalam lingkup Kantor Gubernur Sulsel. Serta Kakanwil Kemenag Sulsel Drs H Khaeroni MSi.

Pimpinan Baznas Sulsel yang dilantik adalah DR dr Khidri Alwi MKes sebagai Ketua, dengan wakil HM Irfan Sanusi Baco, DR H M Ishaq Shamad MA, DR Kamaruddin M E I dan H Abd Azis SAg.

Dari lima pimpinan Baznas terpilih tiga diantaranya adalah pengurus MUI Sulsel yakni Ishaq Shamad (Ketua Bidang Infokom MUI Sulsel), Khidri Alwi (Anggota Komisi Yankes MUI Sulsel) dan Irfan Sanusi (Anggota Komisi Dakwah MUI Sulsel).

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ST dalam sambutannya meminta agar dilakukan pengelolaan sistem tata kelola aset Baznas Sulsel dan setiap 6 bulan di update. Selain itu di cut off rekening terakhir, supaya bisa dilihat perkembangannya.

“Pengelolaan zakat ini pertanggung jawabannya dunia akhirat. Karena itu, sangat penting untuk menolong orang yang membutuhkan, khususnya 8 asnaf sesuai ketentuan fiqhi,” harapnya.

Gubernur termuda di Indonesia ini juga menekankan pentingnya menjaga kepercayaan. Sebab sekali berbuat kesalahan, susah untuk ditutupi. Jika umat sudah percaya, terutama kepada pimpinan Baznas, maka umat akan menyetorkan ZISnya di Baznas. Contohnya di Baznas Barru, ada 60% umat langsung setor ZISnya di Baznas.

“Kedepan dana ZIS jangan ditumpuk direkening, tetapi harus disalurkan cepat, terutama dalam penyaluran zakat fitrah,” harapnya. Gubernur Sulsel juga memerintahkan agar dibentuk tim khusus dalam penanganan Zakat Fitrah.

Sudirman juga meminta agar seluruh OPD Pemprov Sulsel, ada yang mengurus zakat, Infaq dan shadaqah. Selanjutnya memasang TV screen di Al Markaz dan di Masjid Quba 99 dengan mencantumkan dana ZIS di TV tersebut. “Ini salah satu model transparansi dalam penyaluran ZIS,” harapnya.

Khidri Alwi usai dilantik menyatakan segera melakukan konsolidasi dan membuat perencanaan dalam mewujudkan harapan Gubernur Sulsel.

Sementara Ishaq Shamad (Bidang Pendistribusian Baznas Sulsel) saat tampil membacakan doa memohon agar Baznas Sulsel dapat mewujudkan program Digitalisasi System Pengelolaan Zakat yang profesional dan akuntabel dalam menopang pencapaian visi Baznas sebagai lembaga utama dalam mensejahterakan umat.

“Semoga keberkahan menyertai perjalanan komisioner Baznas Sulsel dalam menjalankan amanah untuk mewujudkan harapan Gubernur Sulsel dalam bersinergi dan berkolaborasi bersama sebagai momentum kebangkitan Sulsel yang lebih baik,” harapnya.■ Irfan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.