GoTo Ajak Puluhan UMKM Coaching Clinic Sertifikat Halal

Makassar, muisulsel.or.id – Super app terbesar di Asia Tenggara Gojek yang kini berubah nama menjadi GoTo (Gojek-Tokopedia) gandeng Lembaga Pengkajian Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPH LPPOM MUI) dan Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan mengajak puluhan pelaku UMKM dalam pelatihan dan coaching clinic sertifikat halal.

Gojek pun terus berkomitmen dan menjadi yang terdepan dalam mendukung dan menjadi mitra tumbuh kembang para pelaku bisnis UKM di Kota Makassar dan sekitarnya untuk go digital.

Hal tersebut telah terwujud dalam sebuah kegiatan yang terlaksana dalam sosialisasi dan pelatihan kepada puluhan mitra usaha GoFood yang terdiri dari berbagai UKM di Kota Makassar untuk mendaftarkan produk mereka dalam usaha meraih sertifikasi halal.

Dalam proses pendampingan ini, Gojek bersama LPPOM MUI serta Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan membimbing para Mitra UKM melakukan proses pendaftaran hingga mendapatkan sertifikat halal bagi produk kuliner yang dikeluarkan secara resmi oleh BPJPH, sehingga para mitra tersebut bisa memasang logo halal pada produk mereka dalam pelayanan go-food di aplikasi go-jek.

Head Regional Public Council and Government Relation Gojek, Ahmad Khomeiny, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam sambutan awalnya ia mengatakan, “Gojek saat ini pun telah menggandeng para pelaku usaha mikro dalam menumbuh kembangkan dan membangun prospek-prospek yang ada saat ini,” ungkapnya dalam sambutannya.

Direktur LPH LPPOM MUI Sulsel Raudhatul Jannah Syarief menyampaikan bahwa dalam pengurusan sertifikat halal ini perlu memperhatikan beberapa regulasi pemerintah. “Hari ini kami bersama Gojek dan Dinas Koperasi dan UMKM, mencoba untuk memberikan sedikit pengetahuan terkait regulasi sertifikasi halal yang ada di Indonesia. Karena hal itu sangat erat kaitannya dengan proses sertifikat halal ini,” tukas ibu Odah dalam sambutannya.

Ditambahkan pula olehnya, bahwa di akhir tahun depan seluruh pelaku usaha makanan dan minuman itu wajib memiliki sertifikat halal terhadap produk yang dihasilkannya.

Senada dengan Gojek dan LPPOM, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel Indriastuti Saggaf, SH MH, berujar Instansinya pun mengucapkan apresiasi yang tinggi terhadap Gojek yang berkolaborasi bersama LPH LPPOM MUI Sulsel serta kepedulian terhadap aspek keberlanjutan kehalalan produk.

Indriastuti selaku perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM mengajak kepada seluruh peserta, untuk ikut aktif dalam kegiatan ini, bertanya dan berdiskusi serta berbagi pengalaman. Ia pun mengharapkan dengan kegiatan seperti ini pelaku UMKM dapat lebih berkembang, berdaya saing dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal, ucapnya.

Sosialisasi, edukasi dan pelatihan sertifikasi halal ini menghadirkan puluhan pelaku usaha dari berbagai jenis usaha, juga menghadirkan owner minuman Yotta, Andryan Yudhistira Purwanto, selaku salah satu tamu kehormatan sekaligus pelaku usaha yang sangat terkenal di Makassar untuk membagikan tips dalam berbisnis secara halal.

Kegiatan ini sukses terlaksana di aula Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Jl. A.P. Pettarani, Makassar, Rabu 22 November 2023, sekaligus penyerahan merchandise kepada Direktur LPH LPPOM MUI dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.