HIKMAH HALAQAH: Syukur Kepada Allah Dengan Zikir

Makassar, muisulsel.or.id – Melaksanakan salat adalah salah satu bentuk syukur kita sebagai hamba Allah yang sekaligus menjadi kewajiban umat Islam.

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita agar senantiasa membiasakan diri untuk memperbanyak zikir kepada Allah dalam keadaan bagaimana pun, dan zikir itu ada banyak kalimatnya.

Disaat kita sedang tidur pun, Rasulullah memerintahkan untuk berzikir hingga zikir tersebut membuat kita terluka dalam tidur dan zikir yang paling dianjurkan adalah kalimat tauhid Lailaha Illallah.

Namun, dengan mengucap syukur itu saja tidaklah cukup. Menurut AGH Sanusi Baco bahwa bentuk kesyukuran itu bukan hanya melalui ucapan saja, akan tetapi kenikmatan yang diperoleh itu dibarengi dengan menafkahkan sebagian dari harta atau rezeki yang kita dapatkan untuk agama kita.

Adapun orang-orang yang tidak memiliki harta untuk disumbangkan dijalan Allah, maka dianjurkan sebagai wujud kesyukurannya itu dengan jalan bersedekah dengan tenaganya.

Dalam pembahasan kali ini, juga mengupas terkait salat yang kita lakukan minimal 5 kali dalam sehari semalam, dan beberapa yang harus diperhatikan saat kita melakukan takbiratul ihram.

Lalu apakah yang dimaksud dengan sesuatu yang harus diperhatikan saat takbiratul ihram dalam salat? Simak penjelasannya dalam video tayangan live berikut ini.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.