Aktif Hadir, Peserta PKU Putri MUI Ulas Keutamaan Ilmu

Makassar, muisulsel.or.id – Peserta Pengkaderan Ulama (PKU Putri) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Widia Amelia ulas materi Keutamaan Ilmu yang dibawakan oleh Dr Indo Santalia MA di Hotel Sultan Alauddin Makassar pada Rabu (4/10/2023).

Widia mengatakan materi yang disampaikan sangat menarik dengan penjelasan Ilmu yang sangat luas. Misalnya tentang hikmah dan keutamaan ilmu.

“Hal penting dan baru yang saya dapatkan dalam materi ini adalah perbedaan Ilmu dengan pengetahuan. Misalnya pengetahuan itu sesuatu yang kita tahu sedangkan ilmu merupakan kumpulan beberapa pengetahuan, ” jelasnya.

Lanjutnya ia juga mengatakan para penceramah perlu menguasai teknologi digital untuk berdakwah.

“Di dunia digital ini kita harus membangun literasi untuk berdakwah, “kata peserta asal Kabupaten Bone ini.

Hal yang sama diungkapkan oleh peserta PKU lainya Nur Amaliah yang mengatakan orang berIlmu juga sangat penting kedudukannya bahkan Allah menyebutnya dalam Al-Quran Surah Ali Imron ayat 18 yang artinya:

“Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. Yang menegakkan keadilan. Pada malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan demikian. Tak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, “.

“Banyak Imu baru yang saya dapatkan seperti kisah-kisah yang dipaparkan diantaranya ilmu tentang membina anak dalam keluarga.Semoga Ilmu ini bisa saya praktekan dalam kehidupan, “kata peserta asal Kabupaten Pangkep ini.

Dalam pemaparannya Dr Indo Santalia mengajak peserta PKU untuk tidak belajar ilmu agama saja tapi juga Ilmu sains.

Ia mengatakan saat ini umat Islam mengalami kemunduran dalam ilmu sains padahal ulama terdahulu banyak menjadi ulama sekaligus Ilmuwan, seperti Al -Farabi, Ibnu Rusyd , Ibnu Sina dan lainya.

“Yang aktif meneliti Ilmu sains justru orang barat padahal dalam Islam kita mengenal ilmu kauniyah dan qauliyah, ” jelas Dr Indo yang juga sebagai Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) MUI Sulsel.

Kauniyah ialah ilmu Allah swt yang berupa alam semesta dengan seluruh hukum yang menyertainya sedangkan qauliyah adalah tanda-tanda kebesaran Allah swt yang ada di dalam Qur’an dan hadis sahih, yang berisi motivasi dan inspirasi ilmuwan muslim untuk mencari ayat-ayat fisika pada fenomena alam, jelas Dr Indo Santalia.

Irfan Suba Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.