KPRK MUI Sulsel Hadiri Pelantikan Muballigat MUI Maros

Maros, muisulsel.or.id – Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (KPRK MUI) Sulawesi Selatan Dr Hj Indo Santalia, MA menghadiri pelantikan pengurus Muballigat MUI Kabupaten Maros.

Indo Santalia yang di dampingi oleh Hj Masnawati Mappasawang, SH MKn selaku ketua panitia konsolidasi KPRK, mengatakan dalam sambutannya bahwa muballigat itu adalah penyambung lidah para ulama yang menjadi pewaris nabi.

Ketua KPRK MUI Sulsel ini pun memberikan apresiasi dan ucapan selamat terhadap para muballigat yang baru saja dilantik. Ia pun melanjutkan saat ini kita telah berada di era digitalisasi secara global, maka hal ini menjadi kesempatan bagi para muballigat untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat secara digital pula, terkhusus kepada para wanita.

“Banyak contoh-contoh kasus yang mungkin para ustadz sedikit malu menyampaikan suatu persoalan, apa lagi menyangkut kekerasan dalam rumah tangga, atau isu-isu tentang remaja dan perempuan, maka para muballigat inilah yang menyampaikannya,” ujar dosen kampus UINAM ini.

Dirinya menjelaskan adapun hak-hak perempuan dengan hak laki-laki bagi sebagian umat Islam itu belum begitu paham. Ia mencontohkan dirinya saat putrinya hendak menikah, maka ia memberikan pembekalan terhadap putrinya terkait hal-hal dalam rumah tangga yang sebagian orang itu masih tabu, padahal hal tersebut adalah sesuatu yang wajib selaku orang tua.

Di saat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Maros Drs KH Syamsul Khalik mengharapkan kepada para muballigat yang baru saja dilantik agar mengambil peran terhadap dakwah, terlebih saat ini wanita lebih banyak jumlahnya dibanding dengan laki-laki.

“Saat ini perempuan itu lebih banyak dari laki-laki, sementara yang akan kita dakwahi itu adalah perempuan. Oleh karenanya ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi MUI Maros,” ujar Syamsul Khalik.

Pelantikan persatuan pengurus muballigat MUI Maros ini mengambil tema “Muballigat Berdaya Memajukan Moralitas Umat” dilaksanakan di Kantor sekretariat MUI Kabupaten Maros, Jl. Kemiri Kabupaten Maros, Rabu, 23 Desember 2023.

Hadir pada pelantikan tersebut Asisten II selaku perwakilan pemerintah yang sekaligus membacakan sambutan wakil Bupati, hadir pula seluruh pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Maros dan sejumlah ormas Islam lainnya.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.