Di Maros, PRK MUI Sulsel Temukan Progam Desa Religi

Makassar muisulsel.or.id – Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel temukan program Desa Religi di MUI Kabupaten Maros.Program ini diketahui saat rapat konsolidasi PRK yang berlangsung di kantor sekretariat MUI Kabupaten Maros pada Rabu (13/11/2023).

Konsolidasi dihadiri oleh pengurus PRK MUI Sulsel Dr Indo Santalia MA, Hj Masnawati Mappasawang SH M Kn, Dr Hj Aisyah Arsyad MA dan Dr dr Hj Fitriah Zainuddin M Kes.

Program Desa Religi dipaparkan pengurus PRK MUI Kabupaten Maros Nurlia Sultan S Ag .Ia mengatakan program ini sudah lama berjalan seperti konsultasi langsung kepada ibu-ibu di desa mengenai maslah agama, pembinaan kelurga dan remaja di Kabupaten Maros

Nurlia juga mengatakan pemberdayaan perempuan sangat penting terutama peran pendidikan lewat media. Ia Mendorong PRK untuk bersinergi dengan pemerintah untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Ketua Komisi PRK MUI Sulsel Dr Indo Santalia MA mengatakan ada beberapa isu nasional , starting, kekerasan seksual dan isu ramah anak di pesantren.

“Kami sejak konsolidasi ke daerah banyak mendengar kasus kekerasan dan pemerkosaan yang terjadi dibeberapa kabupaten, ” ungkapnya.

Lanjutnya,di Wilayah Kabupaten Sinjai terjadi kasus anak yang membuang orang tua. Sejatinya anak harus menjunjung tinggi orang tua bukan malah membuangnya. Isu ini sangat memperhatikan bahkan ini sudah diseminarkan oleh PRK Sulsel, kata Dr Indo.

Selain itu kasul LGBT sangat marak terjadi sehingga membutuhkan perhatian PRK. Kenakalan remaja dan juga judi online juga semakin memperhatikan bagi generasi muda.

“Kami berharap PRK Maros untuk lebih bersinergi dan berkolaborasi dengan PRK Sulsel untuk menyelesaikan masalah ini. Kita harus turun tangan untuk menyelesaikan atau melakukan pendamping kepada masyarakat yang membutuhkan. “katanya.

Dr Indo juga mengapresiasi program Desa Relig yang menurutnya sangat baik untuk syiar Islam terutama program PRK.

Hj Masnawati Mappasawang SH M Kn juga mendukung program Desa Religi. Hj Masnawati yang juga ketua Bidang Tarbiyah dan Diklat Notaris Muslim Indonesia menambahnkan bukan hanya aspek agamanya saja tapi juga muamalah seperti menabung uang di bank syariah.

“Silahkan buat program dan kita akan siap bantu dan sinergikan dengan PRK MUI Sulsel, ” katanya saat rapat konsolidasi.

Turut hadir Sekum MUI Kabupaten Maros KM M Ilyas Said S Ag MA.Hj Syamsidar Jamaluddin ( Sekertaris Komisi Pemuda dan Remaja masjid MUI Maros) dan Pengurus PRK lainnya Mardiah Said , Ratna dan Marhuma.

Irfan Suba Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.