Sekum MUI Maros Gembira Sambut Komisi PRK MUI Sulsel

Makassar Muisulsel.or.id – Sekertaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maros KM M Ilyas Said S Ag MA merasa gembira dengan kehadiran komisi Perempuan Remaja dan Keluarga (PRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel.

Hal ini diungkapkan Ilyas Said saat menerima kunjungan konsolidasi MUI Sulsel PRK MUI Sulsel di Kantor Sekretariat MUI Kabupaten Maros pada Rabu (15/11/2023).

Dalam sambutannya Ilyas Said mengatakan banyak eksploitasi atau masalah perempuan membutuhkan peran PRK. “Saya rasa ini bagus ditangani oleh PRK karena ini masalah perempuan, ” katanya.

Lanjutnya pemberdayaan perempuan sangat penting terutama peran pendidikan di media. Mendorong PRK untuk bersinergitas dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat.

“Kami di MUI Kabupaten Maros sudah programkan Desa Religi. Harapan kami kedepannya dari PRK MUI Sulsel dan pemerintah ikut bersinergi, ” katanya

Ia menjelaskan program MUI Kabupaten yang telah berjalan seperti Desa Religi. “Bagaimana kita bisa memastikan kebutuhan rohani masyarakat seperti pembinaan dan pemahaman agama di masyarakat, ” katanya.

Lanjutnya, harapan tahun depan ada 50 Desa Religi yang terbentuk sehingga bisa memudahkan MUI untuk berdakwah atau berinteraksi dengan masyarakat.

Sekertaris Komisi Pemuda dan Remaja Masjid MUI Kabupaten Maros Hj Syamsidar Jamaluddin juga menyampaikan program yang telah dilakukan seperti pengkaderan remaja masjid di Kabupaten Maros.

“Adapun tujuan program pengkaderan remaja masjid adalah untuk memperkuat pemahaman Islam, ” katanya.

Pengurus PRK MUI Sulsel Dr dr Hj Fitriah Zainuddin M Kes ikut menjelaskan aspek kesehatan rumah tangga.

Dr Fitriah mengatakan calon mempelai rumah tangga harus memeriksa kesehatan sebelum melaksanakan akad nikah untuk menghindari penyakit.

“Selama ini yang kita fokuskan adalah aspek yang lainnya seperti masalah uang panai dan lainya sehingga lupa dengan aspek kesehatan. Ini menjadi penting karena kita ingin rumah tangga anak kita terhindar dari penyakit HIV dan AIDS,” katanya yang juga berprofesi sebagai dokter.

Konsolidasi dihadiri oleh pengurus PRK MUI Sulsel Dr Indo Santalia MA, Hj Masnawati Mappasawang SH M Kn, Dr Hj Aisyah Arsyad MA dan Dr dr Fitriah Zainuddin M Kes.

Irfan Suba Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.