Gelar konsolidasi Fatwa se Sulsel, Ketum MUI Ungkap Prestasi

Makassar, muisulsel.or.id – Dalam rangka kegiatan rutin tahunan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menggelar konsolidasi dan dirangkai dengan pelatihan Fatwa yang dihadiri oleh seluruh MUI Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan, dan mengungkap prestasi yang telah diraih.

Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Nadjamuddin AS, menjelaskan bahwa pertemuan ini adalah pengganti dari agenda roadshow yang dilakukan sebelumnya, sehingga MUI berinisiatif untuk mengadakan konsolidasi dan pelatihan seluruh MUI Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan, sekaligus bersilaturahmi antar pengurus MUI yang ada di Kabupaten Kota.

Nadjamuddin mengatakan bahwa di MUI Sulsel saja, hampir setiap pekan Komisi Fatwa itu melakukan rapat sidang Fatwa, sebagai wujud respon dari persoalan-persoalan yang ada di masyarakat termasuk persoalan dari luar daerah.

“Seperti contoh sidang komisi Fatwa adalah persoalan yang ada di Selayar terkait mahar tanah yang ternyata itu adalah tanah pemerintah, sehingga status pernikahan dipertanyakan oleh masyarakat, apakah masih sah nikahnya atau batal,” jelas Nadjamuddin AS.

Selain itu, sambung Ketum MUI, Komisi Fatwa pun setiap pekannya itu menggelar sidang Fatwa terkait kehalalan suatu produk. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat yang menginginkan kehalalan produknya, sehingga para pengusaha mempercayakannya kepada Lembaga Pengkajian Halal dalam hal ini LPPOM MUI, jelasnya.

“Kami mengharapkan pula agar MUI yang ada di Kabupaten Kota agar tetap menjadi rujukan masyarakat dan kepercayaan pemerintah serta menjalin kerjasama yang baik sebagaimana yang ada saat ini di MUI Provinsi,” ujar Guru besar kampus UIM Al-Gazali Makassar.

Rais Syuriyah PWNU ini mengharapkan agar MUI yang ada di Kabupaten Kota agar mengingatkan pemerintahnya, bahwasanya terdapat regulasi pemerintah yang mengatakan agar MUI setiap tahunnya mendapatkan dana hibah, walaupun nominalnya mereka sendiri yang menentukan.

Hal ini dilakukan untuk terus dapat menjalankan program-program MUI, sehingga Lembaga ini haruslah senantiasa bersinergi dengan pemerintah sebagai Shadiqul Hukumah.

Ia menambahkan beberapa prestasi lainnya yang telah diraih oleh MUI Sulsel antara lain, saat monev beberapa bulan yang lalu, MUI berada di peringkat 26 nasional pada periode sebelumnya. Namun, pada periode saat ini telah meningkat hingga ke peringkat 6 nasional.

Selain itu, lanjutnya, MUI Sulsel juga telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2015 dalam hal pengelolaan administrasi keuangan, tambahnya.

Konsolidasi ini pun dirangkai dengan pelatihan Fatwa yang dihadiri oleh Sekretaris umum MUI Sulsel Prof Muammar Bakry bersama Sekretaris Komisi Fatwa Dr H Syamsul Bahri Abd Hamid, dan seluruh pengurus komisi Fatwa Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan.

Konsolidasi ini terlaksana di hotel Amaris Jalan AP. Petarani, Makassar, Jumat 13 Oktober 2023.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.