Hadiri Pembukaan Fasilitasi Lomba Tahfiz Quran dan Hadis, Ini Pesan Ketum MUI

Makassar, muisulsel.or.id – Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan, Gurutta Prof Dr KH Nadjamuddin AS, Lc MA, menghadiri kegiatan fasilitasi lomba tahfiz Alquran dan Hadis yang dilaksanakan di Kantor PKK Provinsi Sulsel. Ia berpesan agar para tahfiz memperhatikan hapalannya.

Hal itu ia ungkapkan saat dirinya menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut, dan mengatakan pula bahwa perhatian terhadap Alquran dan Hadis ini juga adalah salah satu dari tugas MUI untuk menanamkan rasa cinta terhadap Alquran bagi generasi-generasi pelanjut.

Perkembangan dan kemajuan agama Islam itu, katanya, dapat dilihat dari bagaimana perlakuan suatu generasi terhadap Alquran, jika masyarakatnya memperhatikannya maka akan baiklah peradabannya. Namun, apabila generasinya sudah tidak cinta pada Alquran, maka dapatlah di tebak bagaimana peradabannya akan datang, menurut penjelasan Ketum MUI.

Ia pun mengatakan agar para tahfiz memperhatikan kualitasnya. “Saya mengharapkan agar para tahfiz itu benar-benar memperbaiki kualitas hapalannya, bukan hanya hapal karena mengharapkan sertifikat dari suatu lembaga tahfiz saja,” ujar Kyai alumni As’Adiyah Sengkang ini.

Gurutta pun melanjutkan bahwa saat ini MUI juga telah bekerja sama dengan beberapa negara seperti Syiriyah untuk memberikan beasiswa kepada siswa yang menghapal Alquran, sehingga atas nama MUI siswa tersebut akan di berikan rekomendasi, lanjutnya.

Fasilitasi lomba tahfiz Alquran dan Hadis ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Koordinator Bagian Mental dan Spiritual Biro Kesra Setda Provinsi Sulsel Muhammad Hasim, SIP MSi dan sekaligus membacakan sambutan Gubernur.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan bahwa ini adalah salah satu program Pemerintah Provinsi dalam rangka meningkatkan spiritual dan kualitas agama bagi masyarakat umum, khususnya masyarakat Sulawesi Selatan. Saat ini telah banyak terlihat dikalangan anak-anak muda yang akhlaknya sangat memperihatinkan dan bahkan telah berani melawan orang tua.

Kegiatan ini akan melombakan beberapa perlombaan, antara lain lomba hapal Quran 1 juz, 5 juz dan 30 juz. Kemudian lomba hapal 10 juz dan 20 juz. Dan yang terakhir adalah lomba hapal hadis sebanyak 50 dan 100 hadis tanpa sanad yang artinya hadis tersebut langsung ke matannya atau isi hadisnya.

Pembukaan Fasilitasi lomba tahfiz Alquran dan Hadis ini terselenggara atas kerjasama Biro Kesra Pemerintah Provinsi dan dihadiri oleh para perwakilan Kesra dan Kementerian Agama dari beberapa Kabupaten serta diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan pada hari Selasa, 22 Agustus 2023.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.