Pengurus Daerah PERTI Audiensi ke MUI

Makassar, muisulsel.or.id – Pengurus Daerah Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan audiensi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan di kantor sekretariat MUI Jl. Masjid Raya Makassar, Rabu 16 Agustus 2023.

Dalam audiensi yang d sambut langsung oleh Ketua Umum MUI Sulsel Gurutta Prof Dr KH Nadjamuddin AS, MA, yang di dampingi oleh Sekretaris MUI Prof Dr KH Muammar Bakry bersama beberapa pengurus MUI lainnya. Hadir pula Bendahara umum Ir H Andi Thaswin Abdullah, Waketum Prof Dr KH Mustari Bosra, mengungkapkan rasa terima kasih dan kegembiraan dan mengatakan bahwa MUI ini adalah wadah bagi seluruh umat yang bahkan warga non muslim saja tetap diterima di tempat ini, demi memperkuat persatuan umat.

Guru besar UIM Makassar ini melanjutkan bahwa dalam masa kepengurusannya yang belum cukup 2 tahun, maka langkah pertama yang dilakukannya adalah pembenahan kantor sekretariat yang dulunya kurang layak, namun, saat ini sudah sangat bagus walaupun tempatnya yang kurang luas, lanjut Gurutta.

“Salah satu program awal untuk memperkenalkan kehadiran MUI di mata masyarakat luas adalah pembentukan dan pembinaan media centre MUI yang saat ini telah berjalan dengan program MUI menjawab, tanya MUI dan sederet program unggulan lainnya,” ujar Gurutta Nadjamuddin.

Lebih jauh lagi, Gurutta menjelaskan Apa fungsi dan tugas utama dari MUI ini. “Hal pertama dari fungsi dan tugas MUI adalah menjadi khadimul Ummah yang artinya adalah melayani umat”.

“Tugas kedua adalah menjadi Shadiqul Hukumah atau Mitra pemerintah, di mana kami selaku MUI itu wajib bersinergi dan mendukung penuh seluruh program-program pemerintah yang sifatnya untuk kemaslahatan umat,” ulas ketum MUI.

Ia melanjutkan bahwa hubungan MUI Sulsel dengan pihak Kodam dan Polda itu sangatlah baik saat ini, bahkan Kapolda sewaktu ingin mengeluarkan suatu kebijakan, mereka berkoordinasi dengan pihak MUI terlebih dahulu. Contohnya pada sebuah organisasi yang ingin melakukan suatu kegiatan keagamaan maka pihak Polda terlebih dahulu meminta rekomendasi dari MUI sebelum memberikan izin keramaiannya, lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PERTI Provinsi Sulsel Muhammad Asdar sembari memperkenalkan diri bersama rombongannya, ia pun mengatakan akan melakukan audiensi dan memperkenalkan organisasinya ke Gubernur, lalu ke Polda dan Kodam.

“Setelah kami menerima SK kepengurusan dari pusat lalu mendaftarkan organisasi pada Kesbangpol Provinsi, maka langkah pertama yang kami lakukan adalah bersilaturahmi ke MUI dan memohon petunjuknya,” ucap ketua Muhammad Asdar.

Hal senada pun dikatakan oleh Ketua Dewan Pembina PERTI bahwa pada kunjungan pertama ke MUI ini adalah untuk meminta bimbingan dan petunjuk selaku wadah induk dari seluruh organisasi di Indonesia, sehingga sangat mengharapkan arahan-arahannya, ujarnya.

Turut hadir dalam rombongan PERTI ini adalah Ketua dan Sekretaris Perwati para wakil ketua dan wakil sekretaris bersama bendahara dan wakil bendahara PERTI dan Perwati serta beberapa pengurus lainnya.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.