Perkuat Ukhuwah Hadapi Pemilu, MUI Adakan Diskusi Publik

Makassar, muisulsel.or.id – Komisi Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan mengadakan diskusi publik untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah jelang pemilu 2024 mendatang.

Diskusi Publik berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada Rabu (1/11/2023).

Turut hadir sebagai Narasumber Prof Dr H Kamaluddin Abunawas MA, Prof Dr Muh Sale Tajuddin MA P Hd, Prof Dr H Natsir Siola M Ag dan DR KH Kaswad Sartono MA.

Dalam paparannya Prof Kamaluddin berharap pemilu 2024 bisa melahirkan pemimpin yang amanah dan berkualitas. Ia juga mengingatkan para politisi agar tidak hanya mementingkan partainya tapi memperjuangkan ukhuwah Islamiyah.

Prof Kamaluddin juga mengingatkan sejarah kepemimpinan nabi dan para sahabat yang betul-betul memakmurkan rakyatnya. “Para Khalifah ketika memimpin maka mereka bahkan menjadi orang yang miskin padahal sebelumnya mereka adalah hartawan . Umar bin Khatab dan Abu Bakar Siddik mereka sangat mendahulukan kepentingan rakyatnya daripada kepentingan pribadi.

Dr Kaswad Sartono juga mengingatkan pentingnya menjaga ukhuwah di tahun politik. *
“Ukhuwah itu bukan hanya sesama muslim saja tapi sebangsa dan tanah air, ” katanya.

Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Sulsel Prof Natsir Siola berharap pemilu tahun ini berjalan dengan aman dan kondusif tampa harus menyalahkan pihak lain.

“Kita harus sadar bahwa apapun hasil yang diperoleh nanti adalah hasil jerih payah kita dan tetap optimis.Mari kita terus menjaga kondusifitas sesama anak bangsa dan umat meskipun berbeda partai”

Prof Natsir Siola juga berharap agar para politisi tidak lagi mementingkan partainya tetapi mengedepankan kepentingan umum.” Kita harapkan KPU juga tetap mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan netralitasnya sehingga pemilu berjalan dengan aman, “harapnya.

Turut hadir perwakilan partai seperti : Demokrat, PDIP, Gerindra, PKS , Nasdem, PAN, PPP Golkar,PSI,Gelora dan PKB dan lainya.Turut hadir juga pengurus KPU Sulsel dan Bawaslu.

Pengurus wilayah PAN Sulsel juga merasa senang dengan diskusi ini karena para pemateri adalah Guru Besar Kampus UIN Alauddin dan ulama di MUI Sulsel.

“Sangat banyak ilmu yang kita dapatkan terutama ukhuwah Islamiyah. Kita berharap kedepannya ulama harus dihargai dan dilibatkan dalam mengambil kebijakan,” katanya disela kehadirannya.

Diskusi mengangkat tema “Memperkokoh Ukhuwah Islamiyah Menjelang Pemilu 2024′ dipandu oleh Sekretaris Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Sulsel H Saenong Tebba Lc MA.

Irfan Abbas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.