Liputan Khusus: Rihlah Islamiyah ke Uzbekistan
Makassar, muisulsel.or.id – Dalam memantapkan persiapan keberangkatan study banding ke Uzbekistan, pihak travel yang menjadi partner MUI Sulsel mengundang peserta studi banding untuk rapat via zoom pada sore hari tanggal 1 Desember 2023
Prof Mustari Mustafa mengunggah undangan tersebut di grup WhatsApp (WAG) Peserta Studi Banding. “Agenda pembahasan kali ini ada tiga yaitu Sosialisasi Iterinary Perjalanan, Pembahasan Teknis Kegiatan di Lapangan, dan Penjelasan tips Guide.
Pentingnya rapat tersebut untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan oleh setiap peserta sebelum berangkat sehinggal diperjalanan nantinya akan lebih mudah dan lebih lancar.
Kurang lebih satu setengah jam rapat tersebut dilaksanakan dengan diisi paparan dari pihak travel, penjelasan itinerary dan juga sesi tanya jawab.
Setidaknya 10 poin yang perlu diperhatikan oleh seluruh peserta studi banding, diantaranya:
1. Itinerary akan dioptimized karena padatnya pertemuan
2. Penandatanganan MOU bisa dilakukan pada waktu pertemuan meeting
3. Waktu meeting adalah 1.5-2 jam mengingat orang Uzbekistan straight to the point
4. Untuk keberangkatan, kita akan berkumpul di terminal 3 bandara soekarno hatta Pukul 07.30 WIB tanggal 06 December. Lokasi di Peppers and Lunch. Waktu boarding pukul 10.30 WIB
5. Berat tas yang diizinkan adalah 1x23Kg (bagasi) dan 1x7kg (kabin), kelebihan beban bagasi akan menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.
6. Untuk pakaian formal lebih baik membawa batik untuk mengurangi berat koper
7. Untuk tips tour guide $5×7 hari = $35 yang akan dikumpulkan di bandara Soekarno Hatta
8. Untuk yang ingin menukar mata uang Som, dapat melakukan list berapa jumlah $ yang mau ditukarkan ketika mendarat agar segera dikoordinasikan dengan pihak di Uzbekistan untuk dipersiapkan
9. Jika ingin membawa ATM yang berlogo VISA dapat digunakan.
10. Untuk yang ingin transit dapat melakukan check apakah terminal transit berada dilokasi yang sama tau tidak. Bila tidak di lokasi yang sama maka sebaiknya memiliki spare waktu 4 jam dari waktu kedatangan untuk menghindari problem.