Akhir Tahun Adakan Rapat Kerja, Ini Proker PINBAS MUI Sulsel

Sungguminasa, muisulsel.or.id – Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (PINBAS MUI) Sulawesi Selatan di akhir tahun mengadakan rapat kerja. Raker ini telah merumuskan beberapa program kerja (Proker) untuk tahun 2024.

Menurut Direktur Pinbas MUI Sulsel Prof Dr KH Mustari Bosra, MA mengawali mukaddimahnya dalam sambutan, rapat kerja ini di adakan untuk merumuskan program-program kerja apa saja yang memungkinkan untuk dilakukan di tahun mendatang.

“Sasaran dari rapat kerja ini adalah kita mengharapkan agar masyarakat bisa berusaha, dan memberikan motivasi, wawasan, keterampilan, dan jika memungkinkan membantu permodalan bagi pengusaha pemula,” ucapnya dalam sambutan di Balla Kayu Prof Ryas Rasyid Jl. Kenanga, Sungguminasa, Sabtu (23/12/2023).

Mustari Bosra yang juga selaku wakil ketua umum MUI Sulsel melanjutkan bahwa di beberapa MUI daerah telah dibentuk PINBAS seperti Bone,Gowa,Bantaeng. Daerah-daerah inilah yang sudah pernah di jejaki oleh lembaganya, namun masih perlu di tindak lanjuti untuk melihat apa saja yang menjadi program kerjanya.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan Prof Dr KH Nadjamuddin AS, Lc MA, mengatakan, maksud dan tujuan dari rapat kerja ini yakni untuk mengembangkan pengembangan usaha yang sifatnya berbasis syariah, dan sudah menjadi tugas pengurus MUI untuk memberikan ketenangan, kesenangan, dan ketenteraman, serta apa yang dilakukan ini sudah sesuai dengan syariat agama.

Gurutta Nadjamuddin menambahkan diakhir sambutan, ia berpesan dengan rapat kerja ini, Pinbas dapat menghasilkan poin-poin hasil rapat kerja yang dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berbasis syariah.

Dalam rapat kerja ini telah menghasilkan beberapa poin rencana kerja yang terbagi dalam empat klaster dan di dalamnya terbagi menjadi beberapa divisi. Antara lain divisi tersebut yakni klaster pertama dengan divisi koperasi yang telah merumuskan program komunikasi kemitraan dengan Baznas, Laznas dan melakukan diklat UMKM.

Divisi kedua dari klaster satu dengan proker pengelolaan sumber daya keuangan organisasi dan membuka rekening PINBAS. Divisi berikutnya yakni BMT dengan program bidang pembiayaan, pendampingan terhadap pelaku usaha mikro dan kecil terkait pembiayaan dan permodalan. Divisi pembiayaan memogramkan pendampingan terhadap calon pendiri koperasi untuk perizinan, serta mendorongnya untuk bermitra dengan PINBAS.

Adapun klaster lainnya seperti klaster 3 dengan 4 divisi yakni divisi pemasaran memogramkan pengelolaan promosi pemasaran, membuat konten dan penyediaan SIO, melakukan riset terhadap pelanggan dan pasar. Sedangkan divisi kedua publik relation merencanakan pembuatan berita-berita terkini dan ter-update terkait PINBAS, serta membuat konyen informasi dan edukasi pengembangan bisnis yang berbasis syariah.

Adapun divisi IT dengan programnya yakni pembuatan akun sosmed PINBAS (IG, TikTok, FB, dan website), pelatihan digital marketing, dan pembuatan konten iklan promosi digital UMKM. Dan divisi terakhir adalah sekretariat dengan program sederhana yakni pengadaan kantor sekretariat beserta kelengkapannya.

Untuk lebih lengkapnya, dapat mengklik link PDF berikut ini.

Rapat kerja Pinbas MUI ini dihadiri oleh Ketua Umum MUI Sulsel yang juga memberikan sambutannya, sekaligus membuka rapat kerja secara resmi. Hadir dalam rapat tersebut para pengurus Pinbas dari berbagai divisi.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.