Ketua Umum MUI Sulsel Buka Rapat Kerja PINBAS

Sungguminasa, muisulsel.or.id – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Dr KH Nadjamuddin AS, Lc MA, membuka secara resmi rapat kerja Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) MUI di Balla Kayu Prof Ryas Rasyid, Jl. Kenanga, Sungguminasa Gowa, Sabtu (23/12/2023).

Rapat kerja tersebut bertujuan untuk merumuskan program-program kerja dan apa saja yang memungkinkan untuk dilakukan pada tahun 2024, serta merealisasikan program kerja tersebut.

Gurutta Nadjamuddin AS menyampaikan dalam sambutannya, maksud dan tujuan dari raker ini yakni untuk mengembangkan pengembangan usaha yang sifatnya berbasis syariah, dan sudah menjadi tugas pengurus MUI untuk memberikan ketenangan, kesenangan, dan ketenteraman, serta apa yang dilakukan ini sudah sesuai dengan syariat agama.

Pada kesempatan itu, KH Nadjamuddin menyampaikan bahwa saat bank syariah belum ada, diadakanlah musyawarah kerja antara Dewan Masjid bersama beberapa bank, dan mengharapkan agar masjid menyimpan dana pada bank.

“Saat itu saya mengatakan bahwa persoalan masyarakat saat ini, mereka masih berpikiran bahwa bank itu masuk dalam unsur riba, sehingga masyarakat lebih memilih untuk menyimpan uang di rumahnya. Sehingga saya menyarankan agar pihak bank mau menduplikat sistim yang ada di Mesir,” tukasnya saat memberikan sambutan.

“Saya mengharapkan dengan inkubasi ini dalam bidang usaha, dapat memberikan sarana dan prasarana, walaupun MUI saat ini belum mampu untuk memberikan permodalan. Saya pun mengharapkan agar MUI ke depannya dapat bekerjasama dengan instansi pengusaha, atau lembaga-lembaga ekonomi agar sumber keuangan tidak hanya mengharap dari dana hibah saja,” kata guru besar bahasa Arab kampus Unhas ini.

Ia menambahkan agar Pinbas pun bisa mengaktifkan dan menjalin kerjasama dengan para pengusaha, serta meyakinkan mereka agar dapat memberikan kepercayaan terhadap MUI untuk mengadakan pelatihan-pelatihan dan bimbingan kepada pelaku usaha pemula.

KH Nadjamuddin diakhir sambutan berpesan dengan rapat kerja ini, Pinbas dapat menghasilkan poin-poin hasil rapat kerja yang dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berbasis syariah.

Di tempat yang sama, Direktur Pinbas MUI Sulsel Prof Dr KH Mustari Bosra, MA, dalam sambutannya juga mengungkapkan, sasaran dari rapat kerja ini adalah mengharapkan agar masyarakat bisa berusaha, serta memberikan motivasi, wawasan, keterampilan, dan jika memungkinkan membantu permodalan bagi pengusaha pemula.

Rapat kerja Pinbas MUI ini dihadiri oleh Ketua Umum MUI Sulsel Gurutta Prof Dr KH Nadjamuddin AS, Lc MA, yang juga memberikan sambutannya, sekaligus membuka rapat kerja secara resmi. Hadir dalam rapat tersebut para pengurus Pinbas dari berbagai divisi.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.