Diskusi Publik MUI Sulsel Jelang Pemilu 2024, Hadirkan Empat Narasumber

Makassar, muisulsel.or.id – Diskusi Publik oleh Komisi Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan  dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menghadirkan empat narasumber sebagai pemateri dalam diskusi.

Diskusi ini mengambil tema memperkokoh ukhuwah Islamiyah menjelang pemilu 2024, yang terlaksana di auditorium Fakultas Ushuluddin kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dengan ke empat narasumber, antara lain Dr H Kaswad Sartono, Prof H Saleh Tajuddin, Prof H Kamaluddin Abunawas, dan Prof H Natsir Siola.

Kaswad Sartono menjelaskan bahwa yang paling utama adalah bagaimana masyarakat memaksimalkan implementasi ukhuwah Islamiyah agar tidak terjadi perpecahan, utamanya kalangan umat Islam itu sendiri.

Ketua Tanfiziah NU Makassar “Ada empat hal yang dapat kita maksimalkan dalam mengimplementasikan ukhuwah Islamiyah ini. Antara lain adalah saling menyayangi, saling menghormati, saling menolong, dan saling membantu,” ucap Kaswad.

Ia pun mengatakan bahwa menjaga ukhuwah itu sangat penting, apa lagi saat ini adalah tahun politik. Ukhuwah itu bukan hanya sesama muslim saja, akan tetapi juga dengan sesama bangsa dan setanah air, ujarnya.

Prof Natsir Siola selaku Ketua Komisi Ukhuwah pun berharap agar pemilu di tahun depan dapat berjalan dengan kondusif, aman, dan tanpa menyalahkan satu sama lain.

Guru besar kampus UINAM ini mengatakan agar sekiranya para politisi tidak lagi lebih mementingkan partainya, namun lebih mengedepankan kepentingan umum, juga nilai-nilai kejujuran.

“Mari kita terus menjaga kondisifitas sesama anak bangsa dan umat meskipun kita berbeda partai,” ujarnya.

Natsir Siola pun menambahkan alasan mengapa pentingnya menjaga ukhuwah ini oleh karena ukhuwah dapat menciptakan persatuan, kekuatan, serta cinta dan kasih sayang. Selain itu, orang yang menjaga ukhuwah juga akan senantiasa berada dalam naungan Allah di akhirat kelak, tambahnya.

Selain dari diskusi, Giat ini pun melakukan sesi dialog antara pemateri dan Peserta diskusi seperti peserta dari beberapa partai yang di undang.

Hadir dalam kegiatan ini selain dari pengurus komisi, hadir pula sejumlah perwakilan dari beberapa partai, KPU, Bawaslu dan sejumlah peserta lainnya. Rabu, 01 November 2023.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.