HIKMAH HALAQAH: Bolehnya Perempuan Salat Ied Berjamaah

Makassar,muisulsel.or.id – Dalam sebuah riwayat hadis menjelaskan akan bolehnya wanita melaksanakan dua salat Ied secara berjamaah, baik itu di masjid ataupun di lapangan terbuka.

Sebuah hadis yang bersumber dari sahabat wanita yang bernama Ummu Athiyah ia mengatakan bahwa Rasulullah Saw memerintahkan kepada kami untuk melaksanakan salat iedain. Bahkan dalam hadis tersebut bukan hanya kaum hawa yang diperintahkan untuk salat ied, namun juga untuk anak-anak yang beranjak remaja diperintahkan oleh Rasulullah.

Hal inilah yang menjadi keistimewaan tersendiri untuk dua salat hari raya Islam ini. Sebab wanita yang sedang haid pun diperintahkan untuk mengikutinya walaupun ia tidak bisa salat akan tetapi cukup mendengarkan khutbah.

Namun, untuk wanita haid ini di sunatkan untuk sedikit menjauh dari jamaah laki-laki dan di sunatkan pula untuk ikut bertakbir bersama jemaah yang lain.

Pada hakikatnya, perintah salat berjamaah bagi wanita ini bukan hanya pada salat ied nya saja, akan tetapi salat-salat wajib yang lain pun itu di bolehkah oleh Rasulullah.

Ini sekelumit tentang anjuran bagi wanita untuk melaksanakan salat ied secara berjamaah baik itu dimasjid maupun di tempat terbuka, yang bahkan anak belia dan wanita haid saja di bolehkah dengan dasar beberapa hadis dari sahabat.

Untuk lebih jelasnya, kajian kitab kali ini dapat disimak dalam video link berikut ini.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.