MUI Sulsel Bulan Depan Rihlah ke Uzbekistan

LIPUTAN KHUSUS: RIHLAH ISLAMIAH KE UZBEKISTAN

Makassar, muisulsel.or.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan akan melakukan rihlah atau perjalanan ke negeri perawi hadis terbesar di dunia Imam Bukhari pada bulan Desember mendatang di Uzbekistan.

Persiapan rombongan dengan jumlah semua peserta kurang lebih 26 orang telah siap berangkat pada tanggal 6 Desember 2023. Bahkan travel Mitra juga sudah membooking tiket dan telah melakukan pertemuan Zoom dengan para peserta pada tanggal 20 November 2023 lalu.

Pada meeting Zoom tersebut para peserta diberikan informasi umum tentang negara Uzbekistan, seperti cuaca, dan budaya mereka, bahkan termasuk dukungan administrasi atau surat pemberitahuan ke pihak-pihak seperti Kedutaan.

Ketua Bidang Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof Dr KH Mustari Mustafa saat di konfirmasi terkait rihlah para pengurus MUI ini mengungkapkan bahkan pertemuan Zoom juga telah dilakukan dengan pihak Kedutaan Uzbekistan di Jakarta pada tanggal 22 November 2023 kemarin.

“Dalam meeting Zoom dengan Kedutaan Uzbekistan di Jakarta ini, kita telah membahas tata cara ber-MOU dengan mitra-mitra di Uzbekistan dan sampai saat ini kami pun sedang berkoordinasi dengan Kedutaan Uzbekistan di Jakarta terkait rancangan draft MOU tersebut,” ujar Mustari Mustafa.

“Alhamdulillah pihak Kedutaan telah bersedia untuk bahas rancangan sejumlah MOU yang kita rencanakan,” sambungnya.

Selaku ketua rombongan rihlah ini, Mustari Mustafa pun membeberkan sejumlah agenda kegiatan selama di negeri pecahan Rusia ini. Adapun salah satu rencana kegiatan selama di sana ialah melakukan kunjungan belajar di beberapa lembaga pendidikan sekaligus mengadakan MOU dengan Universitas Buxoro di Bukhara.

Mustari Mustafa pun melanjutkan bahwa selain dari yang telah disebutkan di atas, juga akan berkunjung ke Universitas Samarkand di Samarkand, Dar Hadis di Samarkand dan International Islamic Academy di Taskent.

Sekretaris Umum MUI Sulsel yang juga selaku Rektor Universitas Islam Al-Gazali Makassar (UIM) Prof Dr KH Muammar Bakry bersama Direktur Poltek Muhammadiyah Makassar Prof Dr KH Mustari Bosra yang juga Wakil Ketua umum MUI Sulsel rencananya bersama MUI sendiri akan melakukan MOU atas nama MUI Sulsel dan kampus yang mereka pimpin.

Selain dari beberapa agenda diatas, rombongan rihlah juga akan melakukan kunjungan belajar ke jejak para imam Muhaddisin dan makam ulama seperti Imam Bukhari sang perawi hadis dunia, Abu Mansur Al-Maturidi sang ahli ilmu kalam dunia, Bahauddin Naqsyabandi sang ahli Sufi tarekat dunia.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.