Maulid di Kampung Halaman Bone, Ketum MUI Sulsel Beri Tausiah

Makassar, muisulsel.or.id – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Prof Dr KH Nadjamuddin Abd Safa Lc MA beri tausiah pada acara Maulid Nabi di Masjid Ibadurrahman Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada Ahad (1/10/2023).

Acara Maulid Nabi yang diadakan oleh Pengurus Masjid Ibadurrahman Kecamatan Tanete Riattang ini dihadiri oleh ketua MUI Kabupaten Bone Prof Dr KH Amir HM , dan Pj Bupati Bone atau mewakili dan Camat Tanete Riattang.

Dalam tausiahnya KH Nadjamuddin menyampaikan fungsi ulama sebagai pewaris nabi diantaranya menjaga umat dari bahaya kesesatan dan menjadi mitra perintah.

“MUI harus membangun kerjasama dengan pemerintah dan mendukung programnya. Alhamdulillah MUI sudah menjadi rujukan ditengah masyarakat dan pemerintah, ” katanya.

KH Nadjamuddin yang juga lahir di Kabupaten Bone pada Juli 1951 ini mengingatkan kepada jamaah agar memperhatikan makanan, minuman dan pakaian agar doa dikabulkan Allah swt.

Lanjutnya,Ini berdasarkan salah satu hadits dimana Sahabat Sa’d bin Abi Waqash meminta kepada Rasulullah saw agar doa-doa yang dipanjatkannya dapat terkabul. Lalu Rasulullah saw menjawabnya

“Wahai Sa‘d, perbaikilah makananmu, niscaya doamu mustajab (dikabulkan). Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya seorang hamba yang melemparkan satu suap makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak diterima amalnya selama 40 hari.” (HR At-Thabrani).

KH Nadjamuddin juga mengulas kelahiran Nabi Muhammad saw dan mengajak jamaah untuk mencintai dan mengikuti sunah nabi.

“Maulid Nabi ini merupakan sala satu bentuk kecintaan kepada Rasulullah”, katanya.

Banyak yang harus kita contohi dari akhlak Nabi Muhammad saw terutama akhlak terhadap tetangga. Sebagai diriwayatkan bahwa nabi selalu membalas pemberian makanan dari tetangganya, lanjutnya.

Ia juga mengingatkan kepada jamaah agar beramal dengan keikhlasan kepada Allah agar diterima Allah swt.

Diakhir tausiah KH Nadjamuddin berpesan kepada jamaah agar senantiasa menjaga hubungan silaturahim karena akan memperpanjang usia sebagaimana yang dikatakan nabi “Barangsiapa yang diperbanyak rizki dan umur maka perbaiki silaturahmi”.

Selain di Masjid Ibadurrahman KH Najamuddin juga menyampaikan ceramah Maulid Nabi di Aula Sekolah Yayasan Irsyadussalam Desa Cakkeware Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone pada Senin (2/10/2023).

Irfan Suba Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.