Sekum MUI Sulsel Sharing Program Bersama Ketua KPMI

Makassar, miisulsel.or.id – Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Dr KH Muammar Bakry, Lc MA, bersilaturahmi bersama dan sharing program dengan Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Makassar, Emir Paturusi, SE MM.

Dalam silaturahmi yang terjalin beberapa waktu yang lalu di sebuah restoran di Makassar (Kamis, 24 Agustus 2023) Ketua KPMI Makassar mengungkapkan program-program yang menjadi keunggulannya saat ini.

Menurut Emir Paturusi, bahwa saat ini komunitasnya memiliki 4 buah pilar program yang telah berjalan, dan hal tersebut diterapkan oleh semua pengurus dan member KPMI.

“Pilar pertama adalah memberikan literasi edukasi yang berkaitan dengan fiqih muamalah, ekonomi syariah, dan kehalalan,”.

“Sedangkan pilar yang kedua yakni memberikan fasilitas bagi para pelaku UMKM untuk memproduksi produk unggulannya di rumah produksi yang komunitas kami sediakan,” ujar Emir Paturusi.

Selanjutnya dirinya mengatakan terhadap Sekum MUI Sulsel bahwa selain dari memberikan fasilitas produksi bagi pelaku UMKM ini, komunitasnya pun memberikan bantuan proses perizinan, manufaktur serta pengelolaan suatu usaha, lanjut Emir Paturusi dengan penuh semangat.

“Sedangkan pilar ketiga kami yang paling dicari oleh para pelaku usaha yakni jalur permodalan secara syariah. Yang artinya adalah para pengurus atau member dari KPMI ini diberikan bantuan modal usaha dengan adanya partner-partner strategik yang telah dimiliki oleh komunitasnya, sehingga permodalan tersebut bukan lagi suatu kesulitan,” sambung Ketua KPMI yang baru saja dilantik beberapa waktu yang lalu.

Adapun pilar yang ke empat atau yang terakhir kata Emir adalah para pelaku usaha ini diberikan akses kemudahan pemasaran untuk memasarkan produk-produknya yang bukan hanya secara lokal, namun, bahkan secara International, pungkasnya dengan nada yang sangat bersemangat.

Muammar Bakry selaku Sekum MUI Sulsel pun sangat antusias mendengar penjelasan dari Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Makassar ini dan mengatakan jika apa yang menjadi pilar-pilar utama dari komunitasnya adalah sebuah terobosan yang sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pelaku usaha muslim yang ada di Makassar.

Ia pun melanjutkan bahwa sekiranya program-programnya tersebut dapat dijadikan sebagai rujukan oleh para komunitas dan dapat pula bersinergi dengan Majelis ulama Indonesia Sulawesi selatan, di bidang peningkatan ekonomi secara syariah, ungkapnya.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.