Komisi Infokom MUI Akan Gelar Tiga Pelatihan Literasi Digital

Makassar, muisulsel.or.id – Tiga Pelatihan Literasi Digital akan dilaksanakan Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan. Hal itu dipaparkan oleh Ketua bidang Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) MUI Sulsel Dr H Ishak Samad, MA, di hadapan seluruh perwakilan komisi dan lembaga

Rakor tesebut dipimpin langsung oleh Ketua umum MUI Sulsel Gurutta Prof Nadjamuddin AS didampingi Sekretaris Umum Prof Dr Muammar Bakry dan Bendahara Umum MUI Sulawesi Selatan Ir Andi Thaswin.

Dalam pemaparannya Ishak Samad mengatakan untuk program di tahun ini akan melakukan tiga pelatihan dasar. “Kami dari bidang Infokom telah membuat program pelatihan pembuatan media sosial dan tim IT untuk seluruh MUI Kabupaten dan Kota yang ada di Sulawesi Selatan.”

Ia pun melanjutkan perkataannya, “Perencanaan yang kedua adalah kami akan menggelar pelatihan literasi digital untuk zakat, infaq, sedekah dan wakaf untuk para mubaligh muda di lingkup Sulawesi Selatan,” lanjutnya.

Wakil ketua Baznas Provinsi Sulsel ini pun melanjutkan pemaparannya bahwa adapun program ketiga dari bidang infokom adalah membuat program pelatihan literasi digital untuk pencegahan radikalisme dan ekstrimisme di kalangan anak muda, khususnya kalangan mahasiswa di kampus-kampus universitas, tambahnya.

Saat ini tak dapat di pungkiri bahwa tingkat paparan radikalisme di kalangan anak muda sudah menyusup kemana-mana, oleh sebab penyebarannya saat ini lebih menyasar kalangan mahasiswa dengan cara memasuki kampus-kampus besar khususnya yang ada di Makassar.

Begitu pun literasi digital yang masih sangat minim, Ishak Samad melanjutkan, khususnya bagi MUI yang ada di daerah, sehingga sosialisasi zakat, infaq, sedekah dan wakaf tidak begitu tersebar hingga ke pelosok-pelosok desa, di mana para mubaligh muda sangat diharapkan dapat berperan aktif dalam penyebaran informasi ini.

Ketua umum MUI Sulsel, melalui Sekretarisnya Prof KH Muammar Bakry, saat mendengarkan rencana pelatihan-pelatihan oleh bidang infokom mengharapkan agar seluruh bidang dan komisi yang telah membuat rencana kerja di tahun ini, untuk segera memasukkan proposalnya dan segera akan disalurkan kepada masing-masing bidang dan komisi sesuai dengan anggaran yang ada dan program tersebut di harapkan dapat berjalan se efisien mungkin.

Ishak Samad sendiri saat menghadiri rakor di dampingi oleh Sekretaris bidang infokom Prof Sukardi Weda bersama beberapa pengurus infokom lainnya, dan rakor ini terlaksana di hotel Grand Asia Makassar, Jl. Boulevard pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.