PKU Putri MUI Segera Dimulai, 13 Pengajar Rapat Pemantapan

Makassar, muisulsel.or.id – Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia (PKU MUI) Sulawesi Selatan akan segera dimulai pada akhir September, terdapat 20 peserta PKU Putri yang akan dikader dengan 13 orang sebagai tenaga pengajar yang akan mengkadernya.

Program ini adalah program tahunan MUI Sulsel yang masuk dalam bidang Pendidikan dan Pengkaderan yang diketuai oleh Prof Dr KH Kamaluddin Abunawas yang sekaligus sebagai ketua panitia pengkaderan di tahun 2023 ini.

Program pendidikan kader Ulama ini akan berlangsung selama 20 hari lamanya, dan dimulai dari tanggal 30 September sampai dengan tanggal 19 Oktober 2023, dan akan dilaksanakan di hotel UIN Alauddin, Jl. Sultan Alauddin Makassar.

Terdapat 11 mata kuliah yang akan diajarkan dalam program pengkaderan ini. Antara lain adalah Ulumul Qur’an yang akan diajarkan oleh Dr Hj Aisyah Arsyad, SAg MA, sebanyak 8 kali pertemuan. Ilmu Tafsir yang akan dibawakan oleh Prof Dr Hj Amrah Kasim, MA, sebanyak 8 kali pertemuan. Selanjutnya materi kuliah bahasa Arab yang akan diajarkan oleh Ketua umum MUI Sulsel Gurutta Prof Dr KH Nadjamuddin AS, Lc MA, sebanyak 7 kali pertemuan.

Berikutnya juga terdapat mata kuliah umum yakni wawasan kebangsaan yang akan dibawakan oleh Prof Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain, MSi, sebanyak 8 kali pertemuan pula. Kemudian untuk mata kuliah Ushul Hadis akan dibawakan oleh Dr Asiqah Usman, Lc MA, sebanyak 8 kali pertemuan. Sementara untuk mata kuliah Akidah/Tasawuf akan dibawakan oleh Ketua PRK MUI Dr Indo Santalia, MA, sebanyak 8 kali pertemuan.

Materi ilmu Fiqih Ibadah akan diajarkan oleh Ketua Bidang Pendidikan dan Pengkaderan MUI Prof Dr KH Kamaluddin Abunawas, MA, sebanyak 7 kali pertemuan. Sedangkan Ilmu Ushul Fiqih akan diajarkan langsung oleh Sekretaris umum MUI Sulsel Prof Dr KH Muammar Bakry, Lc MA, sebanyak 7 kali pertemuan. Adapun Ilmu Ulumul Hadis akan diajarkan oleh Prof Hj Aisyah Kara, MA PhD sebanyak 7 kali pertemuan.

Disamping beberapa mata kuliah diatas, juga akan diajarkan mata kuliah lain seperti Moderasi Beragama yang akan dibawakan oleh Dr Hj Yuspiani, MPd, sebanyak 7 kali pertemuan dan mata kuliah terakhir adalah media sosial yang akan di bawakan oleh pimpinan redaksi MUI Sulsel Rizkayadi Sjukri, SPd MSc, sebanyak 7 kali pula pertemuan. Namun disamping itu panitia menyiapkan 2 orang tenaga dosen lainnya yang apabila dosen pengajar diatas berhalangan secara mendadak, yakni Dr Hj Haniah,Lc MA, dan Dr Nurjannah Abna, MAg yang keduanya akan menjadi dosen pengganti dalam pengkaderan tersebut.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.