Viral, Perlukah Aksi Boikot Produk Israel? Ini Tanggapan MUI Sulsel

Makassar, muisulsel.or.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menggelar konferensi pers terkait agresi militer Israel terhadap Palestina, serta menanggapi aksi boikot produk Israel yang sedang viral di media sosial.

Pernyataan sikap ini di bacakan oleh Sekretaris Umum MUI Sulsel Prof KH Muammar Bakry bersama Ketua Umum dan di dampingi oleh sejumlah Ketua Komisi dan pengurus harian lainnya, di kantor sekretariat MUI Sulsel Jl. Masjid Raya Makassar, Selasa, 7 November 2023.

Muammar Bakry dalam pernyataan sikapnya menanggapi aksi boikot produk Israel yang sedang viral mengatakan memang aksi memiliki maslahat serta mudharat terhadap masyarakat luas.

Ia menjelaskan bahwa jika produk tersebut telah di pastikan berasal dari Israel, atau terdapat suatu kelompok tertentu yang memberikan sumbangsihnya terhadap penyerangan Palestina, maka sebaiknya masyarakat tidak mengkonsumsinya.

“Jika suatu produk telah di pastikan asalnya dari Israel, atau dapat pula di pastikan bahwa suatu kelompok tertentu memberikan sumbangsih untuk penyerangan Palestina, maka tempat-tempat yang mengandung unsur bisnis atau produknya, sebaiknya masyarakat tidak mengkonsumsinya dulu,” tegas sekum MUI Sulsel.

Guru besar kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini pun menambahkan ini adalah salah satu upaya yang dapat kita lakukan, dan jika memang di tengarai keuntungan dari bisnis tersebut di gunakan untuk Israel dalam hal penyerangan, maka lebih baik menghindari produk-produk tersebut, imbuh sang Rektor UIM Al-Gazali Makassar.

Memang belakangan ini, semenjak aksi penyerangan Israel terhadap rakyat Palestina sebagai imbas dari serangan tentara Hamas, masyarakat Indonesia telah di viralkan dengan aksi boikot produk-produk yang di tengarai milik Israel, sebagai upaya untuk membantu melemahkan bantuan dana dari para pengusaha untuk Israel ini.

Konferensi Pers ini di saksikan oleh puluhan awak media yang sedari awal telah menunggu bagaimana tanggapan MUI Sulsel terkait kejadian-kejadian yang menimpa saudara-saudara kita di Palestina serta apa upaya yang dapat dilakukan.

Kontributor: Nur Abdal Patta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.