Wakil Ketua Komisi Seni dan Budaya Islam MUI Sulsel Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Makassar, muisulsel.or.id – Wakil Ketua Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Prof Dr Ir Hj Apiaty K Amin Syam M Si dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Makassar.

Pengukuhan berlangsung, di Ballroom Pinisi 1 Hotel Claro Makassar, Jalan AP Pettarani No.3 Makassar, Senin, 15 Januari 2024

Pengukuhan dihadiri Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, Mayjen TNI (Purn) H.Andi Muhammad Bau Sawa Andi Mappanyukki.Undangan dari kalangan eksekutif, politisi, kerabat, dan sejumlah tokoh Sulsel.

Dalam prosesi pengukuhannya, mantan Rektor Universitas Pepabri ini menyampaikan orasi ilmiah : “Tantangan Sektor Sosial Ekonomi Pertanian Dalam Menghadapi Era Transformasi Digital Dalam Sektor Agribisnis Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam Orasi Ilmiahnya Prof Apiaty tak hentinya meneteskan air mata. Dirinya mengingat perjuangannya bersama almarhum suami HM Amin Syam.

“Semoga suami saya di alam sana bisa bangga dan melihat saya meraih gelar ini. Sampai saat ini arahannya untuk saya tak permah terputus,” tuturnya sembari menyeka air matanya.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, Mayjen TNI (Purn) H Andi Muhammad Bau Sawa Andi Mappanyukki mengatakan jika ini adalah perjuangan yang diperoleh dari jabatan akademik tertinggi, merupakan nokta sejarah yang akan tertulis tinta emas sejarah kehidupan seseorang.

“Saya atas nama pengurus Pepabri mengucapkan selamat dan sukses, semoga ilmu ini bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

Jabatan Guru Besar yang diraih Hj Apiaty K Amin Syam, istri mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Mayjen (Purn) HM Amin Syam, itu adalah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor : 70878/M/07/2023.

Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari Unit kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX pada Universitas Pepabri Makassar, terhitung mulai 1 Desember 2023 dinaikkan jabatannya menjadi Profesor (NIDK) dalam bidang ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, dengan angka kredit sebesar 877,50.

Dr KH Hasid Hasan Palogai MA (Pengurus MUI Sulsel) memimpin doa penutupan acara Pengukuhan Guru Besar Universitas Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri).

Irfan Suba Raya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
MUI MENJAWAB: Silahkan ajukan pertanyaan seputar Islam, akan dijawab Langsung ULAMA dari MUI SULSEL.